Tolong Coba Shattered Pixel Dungeon di Android (Review Setelah 97 Jam)



Tidak Mengandung Spoiler.

 Ukuran game ini cuma 5Mb. Shattered Pixel tidak sebesar, tetapi jelas lebih membikin hook dan asik. Maaf, itu hanya sekedar kiasan. Dan sejujurnya, dengan size sekecil itu, kamu tidak akan rugi menginstall game ini.

    Shattered Pixel Dungeon merupakan game roguelike. Apa itu? Cukup bermacam artiannya, tetapi yang inti dari genre roguelike adalah menelusuri dungeon dipenuhi musuh dengan sistem RPG: equip barang, upgrade item dan sebagainya. Game ini adalah salah satu dari banyak revisi dari Pixel Dungeon. ; lihat saja di Playstore, ada Yet Another Pixel Dungeon, Sprouted Pixel Dungeon,  dan banyak lagi. Ini yang terbaik, dan kamu, yang seharusnya memiliki HP, wajib sekali mencobanya! Karena...

1. Gameplay varitatif dan menghargai player yang berskill

    Game ini punishing: benar-benar menghukum. Ketika kamu mati, save data dihapus. Ini berarti: satu kali salah pencet, dan  besar kesempatan untuk mati, terutama setelah bermain-bersusah payah di level akhir. Dan satu kali misclick di level awal,  berarti kekurangan resource, berupa makanan atau upgrade. Jadi, ketika bermain ini, kamu harus selalu fokus untuk berhati-hati dengan traps hingga serangan musuh.

    Tiap level di-generate berbeda; mulai dari weapon, traps, item, hingga equipment yang akan kamu dapat. Pada Shattered juga ada fitur quest; tiap level akan ada NPC yang memberikan tugas. NPC tersebut akan menghadiahi kamu dengan item. Nah, dengan begitu karaktermu tidak linear, terkunci pada satu jenis build, dan harus adaptif sesuai situasi. 

    Weapon dan wand (tongkat sihir) bervariasi dengan efek yang berbeda-beda dan dapat digunakan/viable hingga ke akhir level. Contoh:  kamu ingin fokus kepada senjata dengan range panjang seperti tombak tetapi dengan attack speed yang lambat, maka alaminya, kamu harus menyesuaikan build dan item-mu kepada build tersebut. Mungkin dengan memperkuat serangan per hit, atau mempercepat attack speed-mu. 

    Memang ada fondasi aturan pada game ini, seperti strategi mengalahkan boss atau mengontrol makanan, namun tiap gameplay akan berbeda dengan banyaknya pilihan yang dapat digunakan.

    Disini, kamu dapat menginvestasikan item upgrade kepada banyak hal dan sesuai build-mu. Item-item yang terkesan tidak penting seperti seed, scroll non-upgrade dapat digunakan secara efisien untuk mengalahkan musuh boss atau menyelamatkan dirimu dari musuh mobs (non-boss) di lantai-lantai akhir. Sehingga hasilnya berbeda dengan vanilla (yang biasa) Pixel Dungeon, dimana upgrade harus spesifik pada build yang linear; yaitu armor dan weapon. Pada Shattered, hampir seluruh items, dapat digunakan secara efisien, asalkan sejalan dengan buildnya

    Nah, tentu saja hoki juga berpengaruh dalam permainan ini. Tetapi, saya tidak pernah mendapatkan situasi kalah karena kurangnya resource atau item yang diberikan. Kebanyakan kematian saya disebabkan dari rencana strategi asal-asalan, ya contohnya, membabi buta membunuh musuh dan asal hit saja. Inti dari game ini adalah strategi, bukan membantai musuh, lalu naik level.

    Shattered mengutamakan skill player untuk mampu beradaptasi dengan situasi yang diberikan. Memang hoki juga berpengaruh, tetapi apabila hoki tersebut tidak digunakan dengan semestinya, kamu akan mati. 

    Shattered juga, menghargai player yang suka bereksperimen, yaitu dengan mati berkali-kali. Setiap kali mati, player diharapkan pelan-pelan memahami cara menaklukkan level. Dan dengan retry lagi, player diharapkan menggunakan strategi yang berbeda dengan item random dan seadanya. Dan saat kamu sampai di level akhir, atau bahkan mengalahkan salah satu boss, kamu akan merasa diberi achievement, atau mungkin bangga, setelah kamu berhasil mengalahkan boss terakhir. Karena setelah mati berkali-kali, kamu akhirnya menang; dengan resource seadanya dan menyesuaikan. 

    Perasaan setelah pertama kali memenangkan game ini sangat fantastis; melihat karaktermu yang diadaptasikan sesuai dengan item yang ada, akhirnya menang. Semua karena usaha dan sedikit dari hoki-mu. Dan oleh karena itu, setiap kali kamu memencet "New Game" akan terasa sedikit lebih unik.

    Sejujurnya, setelah bermain cukup lama akan terasa sebuah repetesi. Namun, dengan mengeksplor berbagai build atau mencoba "class" lain, kamu akan mendapatkan konten lebih lagi. Ngomong-ngomong soal konten...

2. Sekali lagi, Size Kecil tetapi Konten Berjam-jam

    Tadi saya bilang size-nya cuma 5Mb. Jadi, sangat-sangat kecil.

    Namun jangan tertipu, konten yang diberikan pada game ini sangat berisi. Apalagi pada playthrough pertama, dimana kamu akan bereksperimen mati berkali-kali. Ada  fitur untuk diunlock: di awal game, kamu akan diberikan satu class yaitu "Warrior", dan kamu dapat membuka hero lainnya dengan gampang.

    Saya sendiri menyelesaikan playthrough pertama setelah 32 jam. Dan itu,  dengan melihat berbagai tips dan trik dari Google, plus sedikit hoki. Di howlongtobeat.com, satu pemain berhasil menamatkan gamenya setelah 28 jam. Tetapi, dengan mengskip salah satu konten di akhir.

    Nah, hanya dengan 5Mb, kamu akan dimanjakan selama 25+ jam. Sangat tidak konvensional, tetapi ajaib dan hebat. Salut kepada developernya.

3. Tanpa microtransaction dan developer sangat aktif

    Game ini tidak memiliki microtransaction sama sekali. Tidak ada currency yang bisa dibayar melalui uang asli. Memang, ada beberapa fitur estetik dan trivial, seperti memberi nama dan mengubah warna borde. Fitur tersebut didapatkan melalui mendukung developernya, sehingga tujuannya opsional dan bukan komersil menjual, tetapi suportif kepada perkembangan game. Ditambah lagi, fitur-fitur tersebut sama sekali tidak mempengaruhi gameplay selevel pun.

    Dari kata developer sendiri, "Shattered Pixel Dungeon is a 100% free game. There are no advertisements, microtransactions, or paywalls. An optional donation to support the game unlocks a couple of fun extras, but these are entirely cosmetic and do not affect gameplay."

    00-Evan, sang developer, rutin mengupgrade gamenya seperti nabi. Ia sering bertukar opini dengan player di forum dan mengoleksi informasi tentang bug. Di ratings Playstore juga, sering sekali membalas komentar pemain dalam bentuk apapun: kritikan bintang 1, pujian bintang 5, dan banyak lagi.

    Developer aktif, cinta kepada komunitas, dan tidak rakus kapitalis ingin uang pemain. Orang seperti ini hanya muncul sekali dalam 10,000 tahun. Bercanda, tetapi sayangnya, prinsip ini sangat langka dilihat di platform mobile gaming. Dan ini merupakan salah bahan utama Shattered Pixel Dungeon, menjadi Pixel Dungeon yang terbaik.

Penutup

    Game ini memiliki size kecil, konten gameplay yang asik, dan developer yang suportif. Minta apa lagi? Langsung saja download di PlayStore. 

    Terima kasih sudah membaca. Saya benar-benar berterima kasih kepada anda. Saya faham kalau review game ini amati, tetapi saya menulis dengan tulus dari dalam hati. Sekali lagi terima kasih, apabila ada opini, silahkan gunakan kolom komentar. Apabila ingin membantu saya, tolong follow blog saya.




Komentar

  1. iya mantap

    min maaf mo nanya gimana cara membeli game ini ya dengan paypal tanpa berlangganan?

    BalasHapus

Posting Komentar